Hari Ibu Kartini - Vitacimin - Make the World C YouVitacimin – Make the World C You

Hari Ibu Kartini

Halooo Temins, dalam memperingati Hari Kartini tanggal 21 April, Mintje punya kejutan nih buat kalian! Dengan menjawab pertanyaan Mintje berikut ini kamu berkesempatan mendapatkan pulsa senilai Rp. 50.000 dari Vitacimin! Pertanyaannya adalah:

“Apa yang bisa kita pelajari dari perjuangan Ibu Kartini dan harus kita pertahankan hingga sekarang?”

Jawablah dengan Comment artikel ini ya Temins! Karena akan ada 4 pemenang dengan jawaban paling menarik yang akan mendapatkan pulsa Rp. 50.000 dari Vitacimin. Good luck Teminskyuuu :*

  • fadliansyah1992

    yang bisa dipelajari dari perjuangan ibu kartini adalah tentang bagaimana wanita tetap bisa bekerja tanpa menghilangkan esensi dari wanita itu sendiri. yang harus dipertahankan adalah prinsip dari perjuangan ibu kartini yang tadi sudah saya jelaskan karena sekarang ini semakin banyak wanita yang melupakan essensi dari emansipasi wanita itu sendiri dan menganggap diri mereka setara dengan laki-laki. sehingga banyak wanita yang seakan lupa diri dengan membentak atau merasa dirinya lebih bisa dibanding dengan laki-laki.

  • Evo Nasution

    Yang kita bisa pelajari dari perjuangan Ibu Kartini dan harus dipertahankan hingga sekarang ini adalah perjuangan dan keberaniannya, Keteladanan dibalik lika-liku perjuangan sang pahlawan emansipasi wanita, spirit yang di gaungkan oleh KARTINI haruslah kita lanjutkan, tanpa harus meninggalkan kodrat alam masing-masing dan peran utama sebagai pendidik dalam keluarga, bukan hanya harus dipahami oleh kaum perempuan, melainkan hal ini juga perlu dipahami oleh kaum laki-laki. Karena bangsa Indonesia saat ini harus mampu mewujudkan keadilan sosial dan bersama-sama mengintegralisasikan semangat perjuangan dan pengorbanan menuju Indonesia yang lebih baik. Wanita masa kini harus bisa lebih tangguh dan berkembang untuk menghadapi tantangan zaman.

  • sundee27

    Perjuangan Ibu Kartini yang harus kita pertahankan adalah wanita tidak harus mengurus rumah tangga saja. Wanita juga harus mempunyai wawasan, ilmu yang luas, dan bebas berekspresi. “Bukanlah laki-laki yang hendak kami lawan melainkan pendapat kolot dan adat usang yang tiada gunanya lagi bagi tanah jawa kami. Perempuan beradab dan terpelajar menjadi penolong dan pembantu berharga bagi laki-laki.” (R.A Kartini)

  • persib Kamal

    Walaupun seorang wanita, dia punya mental dan semangat yang sangat kuat serta memiliki rasa sosial yg sangat tinggi. berani memperjuangkan hak kaum wanita

  • Neng Elin Mega

    Yang kita pelajari dan pertahankan dari perjuangan ibu kartini adalah sebagai wanita harus cerdas,mau belajar apapun tanpa ngeluh, harus bisa menjaga kehormatan, gak boleh takut untuk kasih pendapat, tegas dalam memimpin,mandiri,dan selalu sabar dalam menghadapi setiap masalah.

  • Andes.

    pelajaran penting yang bisa diambil dari sosok seorang Kartini adalah cara berpikirnya yang mulia. tidak ada yang berbeda dimata Tuhan, semuanya sama, itulah menurut saya yang menjadi dasar pelajaran berharga dari Kartini, dimana banyak sekali orang-orang yang membeda-bedakan hanya karena perbedaan pangkat, pekerjaan, padahal mereka semua sama di mata Tuhan, dari sini Kartini berusaha mengubah pandangan bahwa wanita yang dianggap lemah pun mempunyai peran penting, wanita juga bisa, dan dalam dunia pendidikan, karena cara berpikir Kartini mengajari saya, bahwa jangan selalu beranggapan negatif hanya karena “luar”-nya tampak kurang bagus, seperti pendidikan, tidak semua orang yang mengenyam disekolah yang tertinggal, pedalaman itu buruk, dan siswa-siswanya juga buruk, tidak. disinilah yang dapat kita pelajari dari seorang R.A Kartini bahwa pendidikan adalah kebebasan, kesetaraan, yang semua orang layak dapatkan, baik yang dipedalaman ataupun tidak mereka semua layak mendapatkan pendidikan yang baik.

  • Sri Haryati

    Semangatnya yg Luar biasa dari sosok Kartini yg sangat ingin mencerdaskan anak Bangsa patut kita contoh, tanpa pamrih, membela dan memperjuangkan Hak Hak perempuan .itu

  • Dewi Erowati

    semangat perjuangan dan ketulusan pengorbanan Ibu Kartini akan terus menjadi spirit bagi wanita wanita Indonesia agar terus melanjutkan perjuangannya , serta ide-ide cemerlang serta taktik cerdasnya dapat kita teladani pula agar bisa selalu mematahkan rintangan yang ada dengan bertindak mulai dari hal yang kecil. Ibu Kartini telah menunjukkan kepada kita semua, ia berjuang dengan segala daya dan kemampuan yang dimiliki untuk melawan penindasan terhadap kaum perempuan. Ia memberikan segala apa yang dapat disumbangkan bagi perjuangan emansipasi perempuan. Sudah saatnya permpuan modern seperti kita bangkit dan tidak berpangku tangan sesuai yang dicita-citakan R. A. Kartini.Meneruskan perjuangan terbaik yang telah diberikan pendahulu kita. Salah satunya apa yang dicita-citakan R. A. Kartinidalam memperjuangkan emansipasi wanita sudah sepatutnnya kita perjuangkan sesuai hakekatnya. Sebab, kalau bukan kita sbg generasi muda, lantas siapa lagi yang akan berjuang untuk meneruskan cita-cita dan impian Ibu Kartini tercinta? twitter : @erowatidewi

  • Herna Manalu

    Pelajaran penting dari Ibu Kartini adalah semangat ingin maju, ingin makmur, ingin berkarya dari seorang wanita tanpa mengabaikan tugas yang seharusnya wanita kerjakan seperti jadi seorang ibu dan istri yang baik……

  • bangharry

    Yang harus kita pelajari dan pertahankan dari seorang Kartini sesuai namanya adalah KARTINI :

    K : Kelembutannya kepada sesama wajib diteladani.
    A : Akhlaq baiknya bikin banyak rakyat jatuh hati.
    R : Ringan tangan dalam bekerja.
    T : Tekun belajar mejadi conth agar wanita perlu pendidikan.
    I : Inspirasi wanita Indonesia dulu dan sekarang.
    N : Nasionalisme sangat tinggi utk Indonesia.
    I : Ikhlas dalam memperbaiki nasib wanita-wanita Indonesia.

  • widya

    yang harus kita pelajari dan dipertahankan dari seorang ibu kartini adalah dengan semboyan nya beliau “Habis gelap terbitlah terang”. Artinya jangan mudah berputus asa dalam mencapai kesuksesan ,karna kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

  • Madiono Faperik

    Point Penting dari seorang Ibu Kartini yang dipertahankan sampai sekarang : Menstarakan Gender antara Pria dan Wanita dan ini terbukti banyak wanita yang menduduki jabatan penting bahkan bisa jadi presiden Dan satu lagi yaitu Memberantas Buta Huruf.

  • Guest

    1.emansipasi wanita mintje, jadi berkat perjuangan ibu Kartini saat ini wanita bisa sejajar dengan kaum adam. memeiliki kesempatan berkarir, beraktivitas sama.
    2. Pengabdiannya mintje dalam memberantas buta aksara.. luar biasa, patut di acungi empat jempol
    3. Kalau mendengar kartini pasti identik dengan kebaya, jadi kita bisa meneladani beliau yang cinta budaya dan karya indonesia, hidup kartini, hidup indonesia, hidup mintje, hidup saya

  • ayu_utami

    Yang bisa kita pelajari dari dari perjuangan Ibu Kartini adl jangan pernah berhenti untuk bermimpi dan jangan menyerah untuk meraih mimpi. Kita boleh berasal dari kalangan manapun & latar belakang pendidikan apapun tapi yang namanya MIMPI itu adl hak siapapun. Jangan takut untuk bermimpi, jangan pernah berhenti untuk bermimpi. Teruslah bermimpi karena tidak ada yang tidak mungkin untuk meraih mimpi itu. Kita harus pertahankan mimpi kita, mimpi bangsa ini & mimpi negara ini dan kita harus yakin untuk dapat mewujudkannya. Hari ini, esok, lusa & seterusnya tetaplah pertahankan mimpi-mimpimu dan berjuanglah untuk dapat meraih semuanya. Agar kelak seluruh dunia tau bahwa kau patut untuk mendapatkannya.

  • siti aminah

    Ibu kartini, berjuang penuh agar para wanita mendapatkan hak belajar hak yg sama dengan laki”…
    Maka dr itu kita jgn mensia”kan pengorbanan ibu kartini yg sudah membuat kita kaum wanita memiliki hak yg layak seperti sekarang ini… buatlah hidupmu berguna untuk semua org… kejarlah mimpimu untuk hidup lebih baik…

  • Suciaty Ucy

    Yang bisa kita pelajari dari perjuangan RA Kartini adalah sebagai seorang wanita dan makhluk sosial, kita harus mampu membela hak=hak kaum wanita. Dan yang harus kita pertahankan adalah walaupun kita wanita, kita jangan hanya bisa diam saja dan menunggu. Tapi kita juga harus bisa bekerja, dan menunjukkan bahwa wanita Indonesia adalah wanita cerdas yang tangguh.

  • bunda Wali

    yang bisa kita pelajari dari sosok kartini adalah
    1.emansipasi wanita mintje, jadi berkat perjuangan ibu Kartini saat ini wanita bisa sejajar dengan kaum adam. memiliki kesempatan berkarir, beraktivitas sama.
    2. Pengabdiannya mintje dalam memberantas buta aksara.. luar biasa, patut di acungi empat jempol
    3. Semangatnya mintje, dalam memerjuangkan kesejahteraan masyarakat. Semangatnya kayak abis makan vitacimin deh
    4. Sosok keibuannya, cantiknya, ramah tamah, patut ditiru para wanita modern saat ini, biar para lelaki klepek-klepek hehe
    5. Kalau mendengar kartini pasti identik dengan kebaya, jadi kita bisa meneladani beliau yang cinta budaya dan karya indonesia, hidup kartini, hidup indonesia, hidup mintje, hidup saya

    • Taufik Ardi

      (Y) aku sayang emak

  • Masanam Sumikod

    Setiap orang punya kesempatan untuk maju dan berkembang, tanpa memandang gender, status sosial atau perbedaan lain

  • Azeera

    Kartini dikenal karena surat-suratnya yang ingin memajukan wanita Indonesia. Yang bisa kita pelajari dari perjuangan Ibu Kartini adalah kemauannya untuk terus menulis hingga akhir hayatnya. Tulisannya yang dapat menghubungkan manusia dari masa dan zaman yg berbeda sekalipun. Tulisannya yg mampu menginspirasi jutaan wanita seratus tahun kemudian. Hal yang paling mudah untuk kita teruskan dari perjuangan Ibu kartini adalah menulis. Dengan terus menulis kita dapat terus menginspirasi dunia seperti yang ibu kartini lakukan di masa hidupnya.

  • Mey rusmini

    pelajaran yang kita dapat dari seorang kartini adalah kesetaraan hak, berjuang meraih mimpi, cita-cita, harapan untuk menjadi manusia yang lebih baik tanpa direndahkan. Dan tidak melupakan kodratnya sebagai seorang wanita, berjuang sesuai porsinya

  • shirley joy

    Yang bisa dipelajari dan dipertahankan adalah perjuangan Ibu Kartini yang tak pantang mundur dalam memperjuangkan emansipasi wanita Serta perjuangan kaum wanita agar memperoleh kebebasan, otonomi dan persamaan hukum serta bisa mendapatkan kesetaraan hak-hak seperti laki-laki misalnya dalam hal pendidikan dll. Perjuangannya yang penuh semangat sangat menginspirasi banyak kaum wanita agar dalam menggapai cita-cita harus berjuang Sampai titik darah penghabisan dan tak pantang menyerah.

  • Yunita

    Yang bisa dipelajari dari Kartini itu paling penting adalah pemikiran yang melampaui jamannya. Pemikirannya yang membawa para wanita sekarang bisa menikmati kesetaraan gender, bisa sekolah tinggi, bisa bekerja sesuai keinginan. Tapi juga tidak lupa kodratnya. Andaikan semua orang bisa terbuka pemikirannya melampaui jamannya, tidak akan ada perkelahian dan perang yang sudah jamak jaman ini.

  • Yuliana Yoeli

    dari perjuangan ibu kartini kita jd mengerti dan memahami adanya kesetaraan hak antara pria dan wanita…wanita bisa sejarar dengan pria dalam segala hal…

  • ILHAM BUCHORI

    Yang bisa kita pelajari dari perjuangan Ibu Kartini dan harus kita pertahankan hingga sekarang adalah SEMANGAT BAJANYA, PANTANG MENYERAHNYA, dan KERJA KERASNYA. Lantaran ketiga karakter tersebut, mampu membuat Ibu KARTINI meraih mimpinya, mulai dari membuat perempuan khususnya tak lagi dipandang remeh, membuat perempuan mendapatkan kesempatan untuk menerima pendidikan, dan lain sebagainya.

  • Ojut Kalba

    yang kita bisa pelajari kegigihan dan ketangguhan nya dalam memperjuangkan hak untuk hidup kaum wanita agar tidak tertindas dan semangat nya yang begitu gigih tanpa mengenal lelah itu lah yg haru di contoh para kaum wanita

  • Sarah N

    kalo menurut aku mintje, sebagai orang jepara sendiri nih aku bangga dan salut banget sama Ibu Kartini. dia sangat MANDIRI. dengan semua SEMANGAT perjuangan yang luar biasa dahsyatnya dia tetep teguh sama VISInya buat membangun kota Jepara menjadi yang lebih baik, membantu perekonomian masyarakat jepara yang kala itu sedang terpuruk. dia yang CERDASpun mempromosikan karya ukir (meubel) sama orang Belanda. dia berani merubah adat (pingitan) untuk menimba ilmu tapi di tentang sama ayahnya (padahal udah dapet beasiswa dr org belanda) tapi dia PANTANG MENYERAH. dia selalu berpendapat bahwa setiap orang itu memiliki HAK yang sama entah wanita dan laki-laki, entah rakyat pribumi ataupun bangsawan. dia tak ingin di kurung, dia ingin bebas dan dapat berkembang seperti org-org Belanda jaman dulu. dia juga KONSISTEN sehingga banyak orang yang percaya dan mengagumi sikapnya. dia selalu mempunyai ide-ide baru seperti membangun sekolah wanita di kala itu. walaupun dia terus di cemooh dengan saudara-saudaranya dia tetep gak nyerah. dia ingin ngebuktiin bahwa dia bisa ! dia bisa membuat perubahan yang lebih baik ! dia bisa walaupun dia WANITA !! Selamat Hari Kartini ^_^

  • elgianti

    Wanita itu harus cerdas dan banyak ede sert tangguh menjagah nama baik bangsa

  • Megawati Apriani

    Menurut saya, yang bisa kita pelajari dari perjuangan Ibu Kartini dan harus kita pertahankan hingga sekarang adalah kesungguhan Ibu Kartini dalam memperjuangkan hak wanita untuk mendapatkan pendidikan yang sama sebagaimana kaum lelaki tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai istri dan ibu rumah tangga. Hal ini sangat menginspirasi saya demi meraih cita-cita setinggi langit, semoga….

  • Kaka Dona

    semangat juang dalam mempertahankan bangsa, bukan hanya diri sendiri yang di pikirkan, tapi beliau juga memikirkan kemajuan dan perkembangan masyarakat Indonesia.

  • Farid Yanuardi

    Perjuangannya yang tanpa menyerah dan penuh ketulusan untuk mewujudkan kesetaraan hak dan kedudukan wanita dengan laki-laki. Berkat perjuangan Kartini, semua wanita Indonesia memiliki hak dan kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk meraih impian, cita-cita, pendidikan, dan karir setinggi-tingginya tanpa melupakan kodratnya sebagai wanita.

  • neneng

    perlunya pembelajaran dari makna hari kartini adalah selalu berjuang untuk mengatasi masalah jangan mengeluh ketika menghadapi masalah apalagi mengeluh karena kita wanita jadi tidak bisa apa-apa padahal karena kita wanita jadi bisa melakukan apa saja untuk mengubah dunia, tentu saja harus dipertahankan kesamaan hak dan derajat wanita dengan laki-laki ( sesuai dengan kodrat wanita sebagai ibu dan juga sesuai dengan kaidah agama), karena kita adalah kartini masa kini yang hebat.

  • Iskak W.

    Yang patut kita teladani dari seorang Kartini adalah, begitu tinggi keinginannya mensejajarkan derajat kaum wanita dengan laki-laki. Itu semua diwujudkan dengan menunjukkan sikap kerja keras, etos kerja yang tinggi bahwasannya wanita mampu berbuat dan bekerja laiknya seorang lelaki.

  • nopiyah

    Kita harus jadi wanita yang kuat, smart dan berpendidaman tinggi supaya tidak dipandang remeh dan disepelekan oleh kaum lelaki.

  • Merry Mii

    Yang bisa kita pelajari dari prjuangan ibu Kartini adalah bahwa wanita pada dasarnya sederajat dengan pria, shg wanita berhak memberikan pendapatnya (bukan hanya diperintah seenaknya sm laki2 tanpa bisa beragumentasi), bs menempuh pendidikan yang tinggi dll, shg peran wanita bukan hanya 3M (masak, macak (*dandan*) dan manak (*melahirkan*)), dan yg harus dipertahankan adalah bahwa wanita memiliki kebebasan bukan kebebasan yg mutlak, shg kadang wanita kebablasan dan jadi “semena-mena” memerintah laki2, tp hrus ingat kodratnya sebagai wanita, dan tdk boleh meninggalkan naluri “keibuannya”. pada akhirnya hruslah diingat bahwa wanita dibuat dr tulang rusuk pria, bukan dari tulang kepala untuk memerintah pria, bukan dari tulang kaki untuk dinjak senaknya, tp dr tulang rusuk, agar dekat dekat hati pria dan untuk selalu dilingunginya..

  • ratih fatmawati

    Yang bisa kita contoh dari ibu Kartini ialah :
    V : visi misinya untuk memperjuangkn hak-hak kaum perempuan indonesia.
    I : iklas hatinya dalam berjuang untuk kaum perempuan indonesia.
    T : teguh dan pemberani.
    A : ahlak yang baik.
    C : cita-citanya untuk berjuang demi perempuan indonesia.
    I : inspirasi bagi semua kaum perempuan indonesia.
    M : menjadi panutan untuk kartini modern saat ini.
    I : ide-idenya untuk membela kaum perempuan.
    N : nah sahabat temins .. tak lupa untuk tdak melupakan kewajiban kaum perempuan untuk menghormati kaum laki-laki.

  • Putry Gusti Febyani

    Putry Gusti Febyani Yang bisa kita pelajari dari Kartini keberaniannya hingga mampu membuat perubahan besar yang positif dalam hidup.. tidak takut melakukan suatu hal yang akhirnya berguna bagi kepentingan orang banyak.. berani mengeluarkan pendapat yang bersifat positif.. bekerja keras demi mencapai apa yang dicita-citakan dan tak takut mendapat kecaman dari banyak orang.. sosok Kartini menurutku adalah sosok yang pemberani dan patut dicontoh :)

  • Silfi Ayu

    banyak yang dapat kita pelajari dari sosok kartini. Kartini adalah teladan kita para wanita. Semangat beliau yang pantang menyerah menjalani lika – liku kehidupan. Pemikiran mulia beliau untuk mengangkat derajat kaumnya. Ide ide cerdasnya untuk menciptakan perubahan & kemajuanm. Think global Act local, adalah kata2 inspiratif dari beliau. Selalu berpikiran positif, Habis Gelap Terbitlah Terang. Dan sikap responsifnya dalam melihat sekitarnya. Dan menjadi orang yang berguna bagi lingkunyannya. Dan hal yang sering kita keliru, emansipasi bukan untuk menyamai kedudukan para pria, namun untuk mendidik generasi penerus bangsa yang berkualitas, guna untuk memajukan bangsanya.vKartini Pahlawan Wanita teladan kita.

  • Mulya Ade

    Pelajaran dari sosok R.A KARTINI memperjuangkan sosok perempuan drajat nya sama dan mau bekerja keras dlam segala bidang bahwa perempuan mempunyai hak untuk ber kembang di dunia ini

  • SM

    Ada banyak perjuangan dan teladan dari Ibu Kartini yg dapat kita pelajari & harus kita pertahanan hingga sekarang. Namun, satu hal yg paling penting yg harus kita lesrarikan adalah semangat beliau dalam menuntut ilmu dan menyebarkannya meski terdapat banyak rintangan dan batasan pada waktu itu. Ia belajar sangat tekun dan ia memiliki cita-cita besar utk mencerdaskan perempuan di Indonesia. Cita-cita beliau yg sungguh mulia tab kini harusnya kita bantu wujudkan bersama, demi mass depan bangsa yg lebih cerdas  & beradab.

  • elen deybi

    pelajaran yang berharga dari sosok ibu kartini adalah wanita yang kuat, penuh semangat, berani, dan sumber inpirasi yang baik bagi kita khususnya wanita harus memperjuangkan hak kita. dan yang harus kita pertahankan adalah kita sebagai wanita harus terus berkarya dan berkreasi, memajukan anak-anak bangsa dan negara.